Waktu Saat Ini :

Chating :



PENGENDALI MOTOR 3 PHASA SECARA STAR-DELTA DNG PLC-HMI

A. Tujuan :
Tujuan dari percobaan ini adalah mengetahui sistem Star-Delta dari suaturangkaian kontrol, sistem ini sangat efektif dan sering digunakan dan dipakaidalam aplikasi di industri. Sistem control ini tepat dipakai untuk menjalankanmotor dengan kapasitas daya 5KW, dinamakan Star-Delta karena pertamamotor dihubung star selang beberapa detik motor menghubung Delta sumber yang digunakan adalah 3 phase.

B. Alat dan Bahan :
  •  PB ON
  • PB OFF
  • Timer 
  • AVO meter 
  • Motor listrik 3 phase
  • Overload relay
  • Magnetik kontaktor
  • Lampu
C. Dasar Teori :


 Star - Delta adalah sebuah rangkaian yang tersusun pada sebuah motor dengankapasitas tiga phase atau tiga potensial, dimana lilitan yang terdapat di sebuahmotor tersebut terdiri dari tiga lilitan utama dengan jumlah kutup dua belaskutup. Masing masing lilitan memiliki potonsial yang berbeda. Ujung darisetiap lilitan tersebutlah yang menentukan apakah sebuah sebuah motor memiliki rangkaian Star atau rangkaian Delta. Dikatakan rangkaian star,karena simpul rangkaian tersebut berbentuk Y/ bintang. Dan dikatakan delta
karena simpul rangkaian tersebut berbentuk segi tiga atau Delta(Δ)untuk  menggerakkan Electro Motor, diperlukan peralatan pendukung yaitu, motor starter atau biasa disebut starter.Saat ini dikenal ada beberapa jenis starter diataranya adalah starter Star - Delta.

Starter Star - DeltaStarter ini di gunakan untuk mengurangi lonjakan arus dan torsi pada saatstart. ( Pada starter DOL misalnya Komposisi komponennya terdiri dari satucontactor dan satu proteksi arus. 

Kelemahan starter model ini adalahkemungkinan timbulnya arus start yang sangat tinggi. biasanya bisa mencapai6 sampai 7 kali. Pada saat starter ini di start, torsi saat start ini juga sangattinggi dan biasanya lebih tinggi dari kebutuhan. Ini dapat terlihat adanyalonjakan/ gerakan yang keras saat motor di star ). Sedangkan starter Star -Delta Tersusun atas Main Braker dan 3 buah contactor yaitu Main Contactor,Star Contactor dan Delta Contactor, Timer untuk pengalihan dari Star keDelta serta sebuah overload relay. Pada saat start, starter terhubung secaraStar. Gulungan stator hanya menerima tegangan sekitar 0,578 (seper akar tiga)dari tegangan line. Jadi arus dan torsi yang dihasilkan akan lebih keci

0 Response to "PENGENDALI MOTOR 3 PHASA SECARA STAR-DELTA DNG PLC-HMI"

Posting Komentar

wdcfawqafwef